Detail Cantuman Kembali
JURNAL MANAJEMEN. PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DIKOTA TANJUNGPINANG
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO di Tanjungpinang secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode deksiptif kuantitatif.
Selain itu penelitian ini juga menggunakan metode statistic yang terdiri dari beberapa uji, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 22.0. dengan populasi tidak terdeteksi dan jumlah sampel 100 orang responden dengan teknik convinience sampling, yaitu penentuan sampel yang harus benar-benar mewakili dan menggunakan smartphone OPPO.
Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan pengujian secara parsial dan simultan bahwa variabel (X1) Kesadaran Merek, (X2) Persepsi Kualitas, (X3) Assosiasi Merek, (X4) Loyalitas Merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), hal ini dibuktikan berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan nilai Fhitung sebesar 41,855 dan F tabel sebesar 2,47. Sehingga F hitung 41,855 > F tabel 2,47 dan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini dengan uji secara parsial menunjukkan bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan seluruh variabel independen yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek
SURAHMAN, S.M - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
STIE PEMBANGUNAN
2022
TANJUNGPINANG
LOADING LIST...
LOADING LIST...