Detail Cantuman Kembali

XML

JURNAL MANAJEMEN. ANALISIS PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN PADA FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE (FIF) TANJUNGPINANG


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Penanganan
Keluhan Pada FIF Tanjungpinang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif. sampel yang menjadi pertimbangan dalam penelitian ini
adalah pelanggan yang sudah lama menjadi konsumen FIF, yaitu diambil 5 orang yang
terdiri dari 2 orang pelanggan baru dan 3 orang pelanggan atau nasabah FIF yang sudah
di atas 5 tahun. Pengolahan data penelitian dilakukan melalui tiga tahap sesuai meliputi
reduksi data , Penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya analisis
data yang dilakukan menggunakan analisis komponensial. Kesimpulan dalam penelitian
ini adalah penanganan keluhan di FIF Tanjungpinang sudah baik namun ada yang masih
perlu diperbaiki dimana tidak semua keluhan dapat ditanggapi dengan cepat, tergantung
keluhan yang diadukan oleh nasabah, keluhan yang ditanggapi adalah keluhan-keluhan
yang memang sangat krusial dan harus diperbaiki segera, misalnya masalah sistem,
masalah kesalahan input, kesalahan penarikan dan lain sebagainya, ini akan segera
diselesaikan, tapi ada hal-hal yang tidak bisa langsung diselesaikan secara langsung
seperti ada yang mengeluhkan pelayanan, ada yang mengeluhkan pegawai, sarana
prasarana hal ini harus dalam laporan tertulis untuk ditujukan kepada pimpinan, dan
kebagian kepegawaian.Selama dalam melakukan penanganan keluhan pegawai sudah
bersikap baik dan mengupayakan semua keluhan dapat di atasi dengan baik, serta untuk
kecepatan dan keadilan Federal International Finance (FIF) upayakan dengan sebaik
mungkin, FIF juga mementingkan terlebih dahulu kepentingan nasabah, Federal
International Finance (FIF) semampunya akan menyelesaikan yang tidak merugikan
nasabah, meskipun ada hal yang perlu alur resmi dalam pelaporannya maka akan dibuat
dulu laporan dan berita acaranya untuk dikirim dan ditindak lanjuti.
Kata Kunci : Penanganan Keluhan, Keluhan Nasabah
NONE
Text
Indonesia
STIE PEMBANGUNAN
2021
TANJUNGPINANG
LOADING LIST...
LOADING LIST...