Detail Cantuman Kembali
JURNAL MANAJEMEN. PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR MASYARAKAT KOTA TANJUNGPINANG
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari
shopping lifestyle dan fashion involvement terhadap impulse buying behaviour pada
masyarakat Kota Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang
responden yaitu masyarakat Kota Tanjungpinang geberasi Y dan sudah bekerja dengan
menggunakan teknik sampel non-probability yaitu sampling purposive. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan dua cara, yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dimana responden
mengisi kuesioner sebanyak 20 butir pernyataan yang berkaitan dengan variabel yang diukur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel shopping lifestyle dengan t hitung > t tabel
(3,973>1,66105) sehingga Ho ditolak dan fashion involvement (X2) dengan t hitung > t tabel
(2,064>1,66105) sehingga Ho ditolak artinya secara parsial variabel shopping lifestyle dan
fashion involvement berpengaruh signifikan terhadap variabel impulse buying behaviour (Y).
Perhitungan R Square dihasilkan nilai sebesar 0.282. Nilai menunjukan secara bersama-sama
variabel independen mempunyai pengaruh terhadap varibel dependen sebesar 28,2% dan
sisanya sebesar 71,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dapat disimpulkan bahwa shopping lifestyle dan fashion involvement berpengaruh dengan
baik terhadap impulse buying behaviour. Dengan adanya gaya hidup berbelanja yang tinggi
serta keterlibatan mode yang tinggi maka akan turut meningkatkan perilaku pembelian secara
tidak terencana.
Kata Kunci: Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, dan Impulse Buying Behaviour
Siska Widyanti, S.E - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
STIE PEMBANGUNAN
2021
TANJUNGPINANG
LOADING LIST...
LOADING LIST...