Detail Cantuman Kembali
JURNAL MANAJEMEN. PENGARUH KELOMPOK REFERENSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kelompok referensi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk iphone.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiawa STIE Pembanguanan Tanjungpinang
pada angkatan 2017 dan 2018 yang di batasi pada mahasiswa manajemen yang
berjumlah 778 populasi yaitu seluruh jurusan baik akuntansi maupun manajemen.
Sampel diambil secara acak, tanpa memperhatikan tingkatan yang ada dalam populasi,
maka dari itu penelitian ini mengambil 264 mahasiswa yang menggunakan handphone
merek iphone. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, proses analisis data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 25 dengan pengujian yang
dilakukan yaitu uji instrumen penelitian, asumsi klasik, regresi liner berganda, uji
hipotesis serta uji koefisien determinasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka
dapat dibuat suatu kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut : Kelompok
Referensi (X1) dapat dengan baik mempengaruhi keputusan pembelian produk Iphone
di kalangan mahasiswa/i STIE Pembangunan Tanjungpinang. Artinya kelompok
referensi secara benar dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan pembelian
iphone berdasarkan pengetahuan atas produk serta dauya tarik dari produk iphone. Gaya
Hidup (X2) dapat dengan baik mempengaruhi keputusan pembelian produk Iphone di
kalangan mahasiswa/i STIE Pembangunan Tanjungpinang. Artinya gaya hidup
mahasiswa yang dilihat dari aktivitas penggunaan iphone lebih dapat memberikan nilai
tersendiri bagi pengguna dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian
produk Iphone. Kelompok referensi dan gaya hidup secara simultan juga dapat dengan
baik berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Iphone di kalangan
mahasiswa/i STIE Pembangunan Tanjungpinang. Artinya kelompok referensi pengguna
iphone dan gaya hidup pengguna iphone dapat memberikan keteratarikan tersendiri
untuk dapat mepengaruhi keputusan pembelian produk iphone.
Kata Kunci : Gaya Hidup, Kelompok Refrensi, Keputusan Pembelian
DEWI KARTIKA SARI, S.E - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
STIE PEMBANGUNAN
2021
TANJUNGPINANG
LOADING LIST...
LOADING LIST...