Detail Cantuman Kembali

XML

JURNAL MANAJEMEN. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA PERPUSTAKAAN STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa pada Perpustakaan STIE Pembangunan Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan populasi sebanyak 1692 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang dan jumlah sampel 289 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Objek pada penelitian ini adalah mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang angkatan tahun 2017-2019. Pada penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data studi pustaka dan kuesioner. Dimana responden mengisi sebanyak 28 butir pernyataan yang berkaitan dengan variabel yang diukur. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan dari perpustakaan STIE Pembangunan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan mahasiswa, yang dibuktikan dengan besaran koefisien pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa sebesar (0,260) dan signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Pengaruh positif ini berarti semakin baik kualitas pelayanan dinilai oleh mahasiswa maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan dari mahasiswa tersebut, sebaliknya apabila semakin rendah kualitas pelayanan maka akan semakin rendah kepuasan mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yang artinya bahwa pengaruh positif dari kualitas pelayanan akan memberikan peningkatan kepuasan sebesar 0,260 dari tingkat kepuasan mahasiswa.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa, Perpustakaan
MILYAR NITA, S.E - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
STIE PEMBANGUNAN
2021
TANJUNGPINANG
LOADING LIST...
LOADING LIST...