Detail Cantuman Kembali
JURNAL MANAJEMEN. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS BATU X TANJUNGPINANG
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Batu X Tanjungpinang.. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 310 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Metodenya yaitu deskriptif analisis. Dalam penelitian ini data dan informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner atau angket. Bersasarkan hasil analisis variable kualitas pelayanan mempunyai nilai signifikansi 0.000, nilai ini lebih kecil dari 0.05 dengan membandingkan nilai t-hitung dan t tabel yaitu 11.386 > 1.967, maka disumpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Besarnya nilai R Square diperoleh sebesar 0.296 atau sekitar 29.6% dan sisanya 71.4% adalah dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran kepada manajemen Puskesmas Batu X Tanjungpinang agar menambah peralatan, khusunya peralatan yang menunjang pasein covid-19, diantaranya tabung oksigen, selang oksigen,regulator, peralatan medis lainnya yang menunjang tenaga kesehatan, Puskesmas diharapkan melakukan peningkatan kapasitas umum contohnya penambahan lahan parker khusu untuk mobil, kemudian dipastikan untuk peralatan yang digunakan tenaga kesehatan harus dalam kondisi yang bersih karena terkait situasi pandemi saat ini kebersihan menjadi prioritas untuk menularnya virus Corona dilingkungan puskesmas.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan
BASYIR HOLILURROHMAN, S.E - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
STIE PEMBANGUNAN
2021
TANJUNGPINANG
LOADING LIST...
LOADING LIST...