Detail Cantuman Kembali
JURNAL MANAJEMEN. ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA TANJUNGPINANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilain dari pasien beserta
keluarganya yang datang berobat pada Rumah Sakit Umum Daerah
Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau terhadap pelayanan pasien BPJS dan
UMUM di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjungpinang Provinsi Kepulauan
Riau.Informan pada penelitian ini adalah pasien pada tahun 2020 di Rumah Sakit
Umum Daerah Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau yang berjumlah 320
orang.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan accidential sampling,
Sampling aksidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan.
Dalam skripsi ini penulis menggunakan teknik kuesioner, observasi dan
dokumentasi. Responden memberikan tanggapan pada kepuasaan pasien terhadap
pelayanan rumah sakit umum daerah kota Tanjungpinang terhadap 4 dimensi
yaitu kenyamanan, hubungan, kecepatan dan petugas kesehatan. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data
validitas, reliabilitas, uji-t, anova, dan crosstab sehingga mendapatkan hasil yang
lebih akurat tentang responden rumah sakit umum daerah (RSUD) kota
Tanjungpinang.Hasil penelitian analisis perbedaan kepuasaan pasien pada
pelayanan rumah sakit umum daerah kota Tanjungpinang. Uji perbedaan
kepuasan dilakukan dengan menggunankan independent sample t-test yang
diperoleh hasil bahwa faktor kategori pasien (BPJS dan non BPJS), usia, jenis
kelamin, status pernikahan, status pekerjaan pasien tidak terdapat perbedaan
kepuasan pasien dan didukung juga oleh uji chi-square dan diperoleh hasil tidak
terdapat hubungan terhadap kepuasan.
Kata kunci : Kepuasaan, Pasien, Pelayanan RSUD dan Tanjungpinang
Divva Agummatara, S.E - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
STIE PEMBANGUNAN
2021
TANJUNGPINANG
LOADING LIST...
LOADING LIST...