Detail Cantuman Kembali
JURNAL MANAJEMEN. PENGARUH PROMOSI GRATIS ONGKIR SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TANJUNGPINANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi gratis ongkir Shopee terhadap
keputusan pembelian di Tanjungpinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan
studi pustaka. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Tanjungpinang yang
berjumlah 220.812. Penentuan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan
jenis purposive sampling sebanyak 399 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini
mengunakan uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi
klasik yang terdiri dari uji normalitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear
sederhana, uji hipotesis terdiri dari uji t dan uji koefisien determinasi (R2
)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh promosi gratis ongkir Shopee
terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis diperoleh nilai t hitung variabel promosi
gratis ongkir Shopee sebesar 28,128 sedangkan nilai t tabel adalah 1,971. Maka thitung> ttabel
yaitu 28,128 > 1,971dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 sehingga H1
diterima dan H0 ditolak, artinya promosi gratis ongkir Shopee berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian. Untuk nilai R2
sebesar 0,666 atau 66,6% sementara sisanya
33,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Pengujian ini
secara statistik membuktikan bahwa variabel promosi gratis ongkir Shopee berpengaruh
positif terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Promosi, Gratis Ongkir, Keputusan Pembelian
Nuriawani Urfia, S.E - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
STIE PEMBANGUNAN
2021
TANJUNGPINANG
LOADING LIST...
LOADING LIST...