Detail Cantuman Kembali
JURNAL MANAJEMEN. SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PADA KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN (KSOP) KELAS III KIJANG
Pelayanan publik merupakan tanggung jawab pemerintah yang harus dilaksanakan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Dalam hal ini Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kijang sebagai salah satu pelaksana teknis dilingkungan Direktoral Jenderal Perhubungan laut yang mempunyai tugas memberikan pelayanan lalu lintas angkutan laut, keselamatan pelayaran di perairan pelabuhan, keamanan dan keselamatan angkutan laut, hal ini berdampak pada kepuasan masyarakat (agen) pelayaran. Untuk mengukur kualitas pelayanan pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kijang maka dilakukan lah survei kepuasan masyarakat atas pelayanan tersebut, dalam kesempatan ini penelitian menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan angket atau kuisioner yang berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PERMENPAN RB) nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat unit penyelenggara pelayanan publik dimana terdapat sembilan unsur pelayanan yang harus diteliti. Dari hasil penelitian tentang survei kepuasan masyarakat maka didapatkan hasil bahwa pelayanan pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kijang dengan mutu pelayanan yang didapatkan “B” dengan kinerja unit BAIK.
Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan, Masyarakat.
Irsyaduddin, SE - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
STIE PEMBANGUNAN
2020
TANJUNGPINANG
LOADING LIST...
LOADING LIST...