Detail Cantuman Kembali
Journal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang vol 1- no 3- November 2016
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh strategi pemasaran (Produk, Harga, Promosi dan Proses) terhadap keputusan menjadi debitur. Kemudian untuk mengetahui dimensi variabel strategi pemasaran (produk ,harga, promosi dan peoses) yang paling besar berpengaruh terhadap keputusan menjadi debitur PT. Bank Riau Kepri Capem Kijang. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas data yang terdiri dari uji reliabilitas dan uji validitas. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Terakhir dilakukan pengujian hipotesis, uji t, uji F, dam uji koefisien determinasi (R2). Populasi dalam pemenelitian ini adalah debitur Kredit Aneka Guna., PT. Bank Riau Kepri Campe Kijang dari tahun 2009 sampai 2012 yang berjumlah 825 dan sampel penelitian ini berjumlah 89 debitur. Pertanyaan diberikan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 16 pertanyaan. Jawaban respondeng kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan analisis ysng dilakukan harga, promosi dan proses memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan debitur, sedangkan produk positif tidak signifikan terhadap keputusan debitur. Pemasaran regresi Y’=0,553+0,016 X1 + 0,272 X2 + 0,492 X3 + 0,490 X4. Selain itu, dengan uji F diketahui bahwa strategi pemasaran (produk, harga, promosi dan proses) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan debitur dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 atau 0% dengan nilai Fhitung sebesar 30,761. Namun berdasarkan uji t yang dilakukan dapat diketahui nilai thitung produk sebesar 0,137, nilai thitung harga sebesar 2,110, nilai thitung promosi sebesar 5,330, dan nilai thitung proses sebesar 4,379. Dari hasil uji deternminasi (R2)strategi pemasaran (produk, harga, promosi dan proses) terhadap keputusan debitur mampu dijelaskan sebesar nilai R squere 0,594 atau sebesar 59,4%.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran dan Keputusan Debitur
2528-3871
NONE
E-Book
Indonesia
2016
TANJUNG PINANG
Digital
LOADING LIST...
LOADING LIST...